Tiga Langkah Menulis Cerpen yang Bagus Beserta Contohnya

Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah cerita yang habis dibaca sekali duduk saja. Ceren dapat ditulis berdasarkan imajinasi atau pengalaman sendiri
Cara membuat cerpen yg bagus adalah dengan
1. Mulailah dengan kaliamat yg membuat penasaran
2. Banyak menggunakan majas atau kata kata kiasaan supaya cerita lebih berwarna
3. Tidak bertele tele

Berikut adalah contoh cepern yg ditulis berdasarkan pengalaman pribadi


                             Gang Mangga
Tuhan... Bersyukur aku tidak sendiri
Ceritanya ketika aku dan Yenisa hendak pulang dari ibdah raya Natal di UKDW
Kami sudah sampe di gang mangga
Jln biasa kami lalui jika hendak ke kampus, jln yang biasa kami lalui dan terhubung ke jln besar

Kronologiny seorang pria bertopi mengendarai motor, berpapasan dengan kami di simpang Dorme
Dia berhenti tepat di bawah paplet Dorme di pintu masuk kontrakan bertingkat punya anak anak sultan itu

Mulanya kami mengira dia ingin menelpon seseorang. Lantas kami lanjut, ternyata dia mendahului kami dan memutar balik arah
Dia berkata "Eh...!"

Lalu aku yang berada di depan Yenisa dengan jarak 1 langkah. Lalau menoleh kearah dia, semula aku berpikir dia ingin bertanya alamat.
Tapi dengan kondisi kacamata ku yg samar, aku berasumsi bahwa di sedang menampakkan "anu" nya, dan ya sontak aku teringat dan langsung lari, sedang Yenisa berada di belakang... Lalu aku berteriak dan bialng " Lari Yen.....!.... Lari orang GILA....aaaaa!!!!"

Yenisa lari mengikut dibalakang. Sepanjang jln aku teriak. Lemas banget rasanya..
Jantung ku lemas bangett
Yang aku bayangakan bagaimana nanti dia mengejar kami. Karena memnag jalan itu sepi banget ga ada ornag

Sampai di depan gerbang kos an, sofi buka pintu dia menunggu kawanny. Dia berkata kenapa ? Aku ceritakan. Sungguhh kejadian buruk. Aku ga kuat. Walaupun samar tapi aku melihat bahwa ada sesuatu yg dia goyang goyang kan  ntah apapun itu. Dan aku berasumni langsung. Karena pun rumor nya sudah tersebar diaman mana...

Tuhan bersyukur aku pakek kacamata
Tuhan aku bersyukur ga sendirian
Tuhan aku bersyukur langsung peka

Tuhan makasih, tealah selamatkan ku
Berharap dia bisa mengalami pemulihan...

#Erika, 02 Dec 2019 at 21.30

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal - Soal Hidrolik dan Pneumatik